Minggu, 15 Juli 2012

Pengertian Jaringan,Fungsi,dan Kegunaan nya

Di postingan kali ini saya akan membahas mengenai Jaringan Komputer. Langsung saja kita mulai apa itu Jaringan Komputer.

Add caption
  Jaringan komputer adalah 2 titik (komputer) atau lebih yang saling terhubung dengan media perantara seperti Kabel,atau Non Kabel (Wireless). Jaringan ini digunakan untuk berbagi Sumber daya seperti printer,Scaner,dll. Jaringan juga dapat di gunakan untuk berbagi informasi seperti Sharing.
 
  Jaringan Terbagi atas 3 macam, yaitu LAN, MAN, dan WAN.
1.LAN (Local Area Network)
   Local Area Network biasa disingkat LAN adalah jaringan komputer yang jaringannya hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, dalam rumah, sekolah atau yang lebih kecil.
   Berbeda dengan Jaringan Area Luas atau Wide Area Network (WAN), maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :

1. Mempunyai pusat data yang lebih tinggi
2. Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit
3. Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi

2.MAN (Metropolitan Area Network)
   Metropolitan area network atau disingkat dengan MAN adalah suatu jaringan dalam suatu kota dengan transfer data berkecepatan tinggi, yang menghubungkan berbagai lokasi seperti kampus, perkantoran, pemerintahan, dan sebagainya. Jaringan MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Jangkauan dari MAN ini antar 10 hingga 50 km, MAN ini merupakan jaringan yang tepat untuk membangun jaringan antar kantor-kantor dalam satu kota antara pabrik/instansi dan kantor pusat yang berada dalam jangkauannya.

3.WAN (Wide Area Network)
    WAN adalah singkatan dari istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris: Wide Area Network merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang besar sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota atau bahkan negara, atau dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer di lokasi yang lain.
 
Jaringan dibuat untuk tujuan sebagai berikut :
1.Memudahkan transfer data
2.Memudahkan pengguna untuk mendapat informasi dengan menggunakan searc engine
3.Memudahkan kita dalam berkomunikasi,seperti Facebook,Twitter,Dll
4.Untuk Menginstall sebuah Pc, dan masih banyak lagi kegunaan Jaringan.

Saya rasa cukup sekian Posting mengenai Jaringan, Saya harap dapat bermanfaat bagi Sobat Blogger
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar